Total Tayangan Halaman

Sabtu, 07 Mei 2011

nasehatmu itu,..


Tak lama nelayan itu menepi ke pelabuhan tua di sebuah pantai pinggiran kota. Ia telah menangkap beberapa ikan tuna. Seorang bankir investasi lewat di sana dan memulai percakapan dengan nelayan itu.

" Ini ikan tuna yang bagus, berapa lama kau menangkapnya?", " 2 jam ", jawab nelayan itu.

" Mengapa kau tidak memancing lebih lama dan menangkap ikan lebih banyak?"

" Ini sudah cukup untuk keluargaku". " Ohh..,begitu, apa yang kau lakukan di sisa hari ini?" tanya bankir itu.

" Aku bangun agak siang, sarapan dengan santai sambil membaca koran, bermain dengan cucu2ku, berjalan2 di taman dengan istriku, di malam hari aku minum kopi dan bermain gitar dengan teman2ku di sebuah kafe".

Bankir itu kemudian memberi saran,"Dengar, aku memiliki gelar MBA dan bekerja di sebuah bank besar. kau harus meluangkan waktu lebih lama untuk memancing dan menangkap ikan tuna itu, dengan hasil keuntungan penjualan ikan itu kau bisa membeli perahu yang lebih besar, kau akan dapat menangkap ikan yang lebih banyak, lalu kau akan memiliki lebih banyak perahu dan akhirnya kau bisa membeli armada pukat ikan. dengan hasil yang lebih banyak kau bisa menjualnya langsung ke pasar tanpa melalui calo.Kemudian kau dpat membuka pabrik pengalengan dan menjual ikan dalam kaleng. Kau dapat memperluas bisnismu dan mengendalikan pasar. Akhirnya kau dapat meninggalkan kota kecil ini dan mendirikan kantor pusat di ibukota."

" berapa lama waktu yang dibutuhkan?" tanya nelayan itu dengan rasa ingin tahu.

" mungkin 10-15 tahun" jawab si bankir

" apa yang terjadi setelah itu?"

Bankir itu tertawa," lalu kau dapat mendaftarkan perusahaannmu di bursa saham. kau menerbitkan saham ke masyarakat dan kau akan menjadi millioner.....".

" ya...aku mengerti, apa yang aku lakukan setelah itu?". nelayan itu menyahut.

Bankir itu tersenyum," lalu kau pensiun. kau dapat pindah ke desa kecil di pesisir pantai, tidur lebih lama,sarapan santai sambil menikmati berita koran pagi, sesekali pergi memancing, menghabiskan waktu dengan cucu2mu dan berjalan2 di taman dengan istrimu, minum kopi, bernyanyi dan memainkan gitar dengan teman2mu di kafe".


Nelayan itu tertawa, " TERIMA KASIH NAK,. ITULAH YANG AKU LAKUKAN SAAT INI "..

===================================================

Tidak ada komentar: